Saturday, March 14, 2015

Pengertian Inbound dan Outbound Link


Pengertian Inbound dan Outbound Link

Kesempatan ali ini  kita akan menerangkan tentang apa itu Inbound dan Outbound Link. Sebelum ini kita banyak menemukan blogger yang sering salah paham perihal apa itu Inbound Link, mereka rata-rata bilang kalau Inbound Link itu ialah link yang mengarah dari satu postingan kita ke postingan kita yang lain ataupun homepage kita. Padahal itu cuma sebahagian kecil dari pengertian Inbound link. Maka pada pertemuan kali ini kita akan membenarkan kesalahpahaman itu sekaligus menerangkan tentang apa itu Inbound Link

Jadi, Inbound Link ialah semua link dari postingan kita atau dari homepage kita sendiri maupun dari website orang lain yang akan mengarah pada website kita. Jadi, kira-kira analoginya seperti ini : Jikalau situs A membuat link kepada situs B maka bisa dikatakan situs A mempunyai sebuah Outbound Link terhadap situs B dan situs B mempunyai Inbound Link terhadap situs A. 

Sedangkan Outbound Link ialah kebalikannya, yakni link dari postingan kita atau homepage yang mengarah pada website orang lain.

Outbound dan Inbound Link ini sebetulnya mempunyai pengertian yang sama cuma terkait ke kita dari sudut manakah kita memandangnya. Jikalau kita membangun suatu outbound link terhadap suatu blog maka hal tersebut ialah inbound link bagi web atau blog itu dan sebaliknya jikalau suatu web atau blog menciptakan outbound link terhadap blog kita, maka hal itu juga menjadi inbound link untuk blog kita.

Dari pengertian tersebut, yang dapat kita laksanakan secara cepat ialah membangun suatu Outbound Link. Sedangkan untuk Inbound Link akan tercipta dengan sendirinya sesudah kita mempunyai page rank yang bagus. Atau bisa juga dikatakan sesudah kita berhasil membangun Outbound Link maka kita akan mendapatkan peringkat blog yang tinggi dan akibat selanjutnya ialah kita akan mendapatkan Inbound Link dari blog/web lainnya.

Membangun Outbound Link bersasaran untuk mendapatkan banyak backlink supaya posisi blog atau halaman postingan tertentu saja dapat kita optimalkan. Untuk mendapatkan backlink yang bagus kita dapat mencoba melaksanakan Outbound Link terhadap web/blog yang ber-PR dan ber-SEO tinggi. 

Yang perlu diperhatikanlah dengan seksama dalam menciptakan atau membangun Outbound Link ialah sebagai berikut.
 
Perhatikanlah pemakaian Anchor Text-nya (teks yang dipergunakan untuk menempelkan link dalam postingan kita).
  • Usahakan mempergunakan Anchor text berupa kata kunci (keyword) yang tidaklah sama-beda.
  • Hindari pemakaian anchor text dengan mempergunakan teks yang sama dengan alamat URL blog. Sebagai contoh, alamat URL blog ini ialah https://www.nesialogi.tech . 
  • Jika kita ingin menciptakan link terhadap URL tersebut, usahakan untuk tak mempergunakan alamat URL tersebut sebagai anchor textnya, kita dapat mempergunakan anchor text Tips dan Trik Blog (nama blog ini), atau keyword lain yang relevan.
  • Usahakan mempergunakan anchor text berupa keyword yang sesuai dengan tema blog kita, atau kategori postingan kita.
  • Usahakan untuk tak menempatkan anchor text cuma pada satu bagian tulisan saja, namun kita dapat menempatkannya pada paragraph pertama kali, paragraph tengah, dan juga paragraph akhir.
  • Kita dapat menciptakan link yang mengarah kepada blog kita sendiri atau bahkan pada postingan lain dalam satu blog yang kita anggap mempunyai backlink yang bagus.
  • Usahakan untuk menciptakan Outbound Link pada setiap halaman postingan.
Sekian dari kita semoga berguna mohon maaf jika ada kesalahan sampai jumpa dan salam SUKSES.

0 komentar: