Peran Social Media dalam Toko Online / Online Shop
Social Media kini telah menjadi bagian hidup dari masyarakat pada zaman sekarang. Setiap waktu pastii ada ratusan bahkan jutaan orang yang membuka dan berbagi kesehariannya melalui Social Media. Social Media seperti Twitter, Facebook, Path, Instagram, dan yang lainnya, berlomba-lomba dalam mengembangkan aplikasinya sendiri-sendiri untuk memikat minat para masyarakat untuk mempergunakan aplikasinya. Berdasarkan hal ini, Social Media pun menjadi lahan segar para pebisnis untuk menjual dan mempromosikan barang dagangannya.
Trend seperti ini disebut online shop, atau kios online. Melalui online shop, pembeli tak mesti repot-repot memakan banyak waktu untuk pergi ke kios membeli pakaian. Sekarang, yang perlu dilaksanakan ialah cukup membuka website online shop, memilih barang, dan kemudian membayar via ATM atau transfer. Dan terakhir, pembeli cuma tinggal menunggu barang dikirim ke rumah dalam jangka waktu yang ditentu sajakan.
Sekarang, Social Media menjadi tempat para pebisnis online untuk mengenalkan barang dagangannya kepada para pembeli. Alasannya sederhana saja, karena Social Media ialah hal yang setiap waktu selalu dikunjungi oleh para masyarakat setiap harinya. Namun, ada baiknya kita untuk mengetahui kelebihan dan ketidaklah sempurnaan aplikasi Social Media apa saja yang bisa dipergunakan.
Masyarakat sekarang pastiilah kenal dengan Social Media yang satu ini. Social Media ini terdampakl. Tidak cuma di Indonesia, tetapi di semua dunia. Dan sebagai bukti, banyak selebritis luar negeri yang mempergunakan akun Social Media ini. Alasannya sederhana saja, pengguna akun twitter tak terlalu terganggu oleh tweet yang membanjiri beranda walaupun mempunyai banyak followers atau pengikut.
Salah satu kelebihan dari twitter ialah jangakaun pengfungsinya yang tersebar luas di semua dunia. Jika kita menargetkan market pembeli dalam lingkup internasional, promosi di twitter ialah langkah yang paling pas. Karena, hampir semua orang di dunia dekat dengan Social Media ini.
Namun perlu diingat oleh kita bahwasanya untuk mengelola akun ini setertinggi mungkin, mengingat notification pastii akan terus mengalir di setiap detiknya. Selain itu, rajin-rajinlah memosting dan promosi. Wajib hukumnya jikalau kita ingin follower kita terus bertambah setiap waktunya. Jangan bimbang untuk mencari pelanggan dengan cara menyelipkan kata kunci di pencarian di twitter.
Seperti misalnyanya, mengetik kata “online shop” di kolom pencarian, maka orang- orang yang pernah menulis tweet dengan kata “online shop “ akan muncul. Langkah berikutnya cuma tinggal mention ke pengguna tersebut sambil mempromosikan akun online shop yang dimiliki. Jangan lupa, untuk menciptakan akun resmi dengan nama kios online shop yang dimiliki, bukanlah dengan akun pribadi. Untuk menambah rasa percaya pelanggan, boleh dituliskan contact person, atau alamat e-mail, di kolom profil.
Website
Online shop bermula dari penjualan barang melalui website resmi yang telah banyak dikenal, misalnyanya Zalora, Berrybenka, Hijabenka, dan lain-lain. Namun seiring perkembangan, online shop juga dapat dimiliki cuma dengan bermodalkan akun Social Media. Kelebihan dari website sendiri ialah, telah pastii lebih terdampakl, karena pada umumnya cuma perusahaan resmi yang dapat menciptakan website seperti itu.
Kepercayaan para masyarakat pun akan jauh lebih tinggi karena telah banyak orang yang mempergunakan jasa online shop itu. Penjualan barang yang dilaksanakan pun jauh lebih banyak pastiinya. Serta sistem yang dimiliki tentu saja lebih rapi dan tertata karena mempunyai pegawai yang bekerja untuk mengelolanya.
Social Media ini pastiinya amatlah terdampakl di Indonesia. Pelajar hingga orang tua banyak yang merasa lebih menggembirakan mempergunakan Facebook. Facebook dinilai lebih sederhana daripada twitter yang statusnya cepat berganti tiap detiknya. Selain itu, beranda di Facebook jauh lebih luas untuk memposting foto dan status.
Jika di Twitter cuma bisa tertinggi menulis 140 huruf, di Facebook status yang dapat ditulis tak terbatas oleh huruf. Fitur di Facebook juga terkandung album foto yang memungkinkan menyimpan berapa foto dalam satu folder sehingga megampangkan pembeli untuk melihat barang sesuai dengan jenisnya.
Akan tetapi, lingkup yang dimiliki Facebook sedikit terbatas, dan mesti rajin untuk meminta perkawanan dengan pengguna facebook lainnya. Karena itu, disarankan jikalau menciptakan fanpage saja, dan selanjutnya tinggal menciptakan request supaya orang lain me-like fanpage tersebut. Hal itu akan jauh lebih akibattif daripada menciptakan akun biasa atau grup.
Instagram menjadi Social Media yang digemari oleh anak muda karena berandanya yang penuh dengan gambar dan foto. Bagi yang merasa bosan melihat status akun Social Media yang dipenuhi oleh tulisan, Instagram menjadi pilihan untuk memanjakan mata. Memosting status di instagram diwajibkan dengan gambar atau video.
Sekedar tips dari kita, ketika memposting gambar yang akan dijual, pastiikan menciptakan banyak hashtag (#) seperti, #winterclothes, #onlineshopping #onlineshop, #ladiesclothes, dan sebagainya. Hashtag ini dibutuhkan karena dapat berperan sebagai kata kunci jikalau ada yang ingin mencari barang lewat hashtag tersebut.
BBM
BlackBerry Messenger atau biasa disingkat BBM ialah aplikasi handphone yang dipakai hampir oleh semua orang di Indonesia. Trend BBM menyebar lewat handphone dengan nama Blackberry. Tapi sekarang ini, BBM telah menjadi sebuah aplikasi yang dapat di-install di android. Hal ini semakin menjadikan BBM sebuah target market yang cukup menjanjikalaun.
Tidak seperti akun sosial lainnya, BBM cuma bisa mempunyai satu akun setiap nomor yang dimiliki dengan kode yang terdiri dari huruf dan angka yang disebut pin BBM. Untuk dapat saling berkawan, yang perlu dilaksanakan ialah meng-invite pin BBM dan menunggu hingga di-accept.
Tekhnik yang dapat dilaksanakan untuk mempromosikan produk ialah, menciptakan grup khusus untuk online shop yang dimiliki dan mengundang kawan-kawan di kontak BBM untuk ikut bergabung. Setiap produk baru yang masuk dapat seketika diposting di grup tersebut. Dan jangan lupakanlah fast respond, alias respon cepat jika ada yang bertanya di grup tersebut.
Sama seperti BBM, aplikasi ini dapat dipergunakan untuk mempromosikan online shop yang dimiliki. Setiap nomor cuma bisa mempunyai satu akun whatsapp. Whatsapp ini sendiri biasanya dipergunakan cuma untuk chatting seperti SMS. Berbeda dengan BBM, cara mempunyai kawan di aplikasi whatsapp ialah, cuma perlu menyimpan nomor kawan dalam kontak, maka otomatis akan menjadi kawan di whatsapp.
Lalu, yang perlu dilaksanakan ialah menciptakan grup serupa dengan BBM dan memasukan kawan-kawan yang sekiranya berminat dengan online shop untuk menjadi anggota. Whatsapp dapat di-install oleh pengguna android dan BlackBerry. Namun, apa salahnya memperbanyak grup bukanlah, asalkan semuanya dapat diolah dengan akibattif dan menguntungkan.
Jadi, kunci supaya online shop mempunyai banyak pelanggan dan berhasil ialah, kuatnya jaenteng yang dimiliki oleh kita. Apabila pelanggan merasa puas dan percaya dengan pelayanan online shop yang kita miliki, maka pelanggan yang lain pastii akan bermunculan lagi. Untuk mendapatkan jaenteng, tentu saja perlu mempunyai berbagai macam akun Social Media guna memperluas jaenteng. Asalkan perlu diingat dengan baik untuk mengelola semua akun tersebut dengan rajin dan teliti. Respon yang cepat juga perlu diberikan supaya pelanggan merasa puas dan segera memesan produk kita yang lainnya.
Sekian dari kita, mohon maaf jika ada kesalahan
Sampai Jumpa dan Salam SUKSES

0 komentar: