Berbagai barang dagangan segar, lontaran tawar menawar dan kemeriahan aktifitas para trader itulah sejumlah situasi market secara umum yang kita temui sehari - hari. Lalu apa sebenarnya pengertian market? Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk menjual dan membeli barang atau jasa. Lalu arti market adalah suatu tempat pada waktu tertentu saja para penjual dan pembeli dapat bertemu guna melaksanakan transaksi jual beli barang.
Sedangkan definisi market adalah sebagai serangkaian sistem (tak cuma sebatas tempat) yang bisa mengatur kepentingan pihak pembeli terhadap kepentingan pihak penjual. Sistem tersebut sebagai aturan atas berbagai macam segmen, yakni semua pihak terkait seperti pembeli dan penjual, barang dagangan, serta peraturan tertulis maupun tak tertulis yang disetujui. Terlibat juga peraturan pemerintah yang saling menyangkut, berinteraksi dan berkesinambungan antara satu dengan yang lainnya.
Pasar itu sendiri bisa golongkan menjadi dua, yakni market komoditi dan market factor produksi. Pasar komoditi ialah bentuk interaksi dalam menentukan jumlah dan harga komoditi yang dilaksanakan antara para pembeli dan para penjual. Sedangkan market factor produksi adalah kesemuaan penawaran dan request factor-factor produksi yang berlangsung antara pengusaha dan para pemiliki factor produksi dalam suatu daerah atau wilayah.
Pasar itu sendiri bisa golongkan menjadi dua, yakni market komoditi dan market factor produksi. Pasar komoditi ialah bentuk interaksi dalam menentukan jumlah dan harga komoditi yang dilaksanakan antara para pembeli dan para penjual. Sedangkan market factor produksi adalah kesemuaan penawaran dan request factor-factor produksi yang berlangsung antara pengusaha dan para pemiliki factor produksi dalam suatu daerah atau wilayah.
Dalam market factor produksi ada sejumlah hal yang membedakan dengan market komoditi. Perbedaan tersebut di antaranya:
- Pihak yang melaksanakan penawaran adalah pihak rumah tangga konsumen.
- Pihak yang melaksanakan request adalah pihak rumah tangga produsen.
- Bagi rumah tangga konsumen (pemilik factor produksi), harga factor produksi adalah ialah penghasilan yang disebut dengan istilah sewa, upah, bunga dan laba.
- Bagi rumah tangga produsen pengeluaran untuk mendapatkan factor produksi disebut biaya.
- Barang atau komoditi yang diperjualbelikan adalah factor produksi. Jadi dengan demikian market ini mempunyai ciri yang tidaklah sama dengan market barang secara umum.
Sedangkan dari bentuknya, market dibagi menjadi market konkret dan market abstrak. Pasar konkret adalah market yang lokasinya dapat dilihat secara langsung. Dan komoditinya tersedia di market tersebut. Sedangkan market abstrak adalah market yang lokasi dan transaksinya tak dapat dilihat langsung. Sering kali dilaksanakan melalui telepon, internet dan media lainnya.
Tinggi rendahnya harga ditentu sajakan oleh interaksi yang berlangsung antara penjual dan pembeli. Karena market membolehkan berlangsungnya evaluasi harga. Hal ini menjadi studi utama ekonomi dan telah membentuk sejumlah teori dan model perihal kekuatan market dasar penawaran dan request.

0 komentar: